Selasa, 15 Juni 2010

SOCKET PROSESSOR

1. SOCKET PROCESSOR / SLOT PROCESSOR
Socket / slot yaitu tempat untuk menempatkan processor.Selain system socket,ada pula tempat untuk meletakan processor berbentuk slot.Seperti penempatan pada processor P3 500 dan generasi sebelumnya,tetapi tidak semua processor P3 500 menggunakan processor bersistem letak slot.Untuk processor keluaran terbaru,semua processor menggunakan system letak Socket.Yang harus anda perhatikan dalam pemasangan processor adalah,kecocokan antara jumlah pin pada processor dan socket yang ada pada motherboard.Karena jika ada ketidak cocokan antara kedua komponen tersebut,akan berakibat kurang baik pada system computer.Bahkan tidak dapat saling terhubung,atau tidak bisa dipasang.

2. SLOT PCI
Slot PCI adalah slot yang biasa digunakan untu memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express.

3. SLOT VGA
Berfungsi untuk memasangkan VGA card ke motherboard. Dimana VGA card sendiri berfungsi sebagai penerjemah keluaran dari motherboard untuk ditampilkan pada monitor.

4. SLOT MEMORY / RAM
Berfungsi untuk memasangkan RAM pada sebuah motherboard. Dimana RAM merupakan bentuk memori utama pada komputer, yang berfungsi untuk menyimpan instruksi-instruksi yang akan atau sudah diproses oleh prosesor.

5. SLOT ISA
Slot ISA merupakan versi slot sebelum PCI, fungsinya sama seperti slot PCI. Pada motherboard model sekarang sudah hampir tidak digunakan lagi.

6. SLOT DIMM
Berfungsi untuk meletakan memori jenis DIMM, yaitu slot yang memiliki jumlah pin sebanyak 168 pin.

7. CHIPSET MOTHERBOARD
Komponen pada motherboard yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge (sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard) dan south bridge (sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya). Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri pun yatu gas yang berbeda satu dengan yang lain.Chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.

8. BATERAI BIOS
Baterai BIOS atau sering disebut juga dengan CMOS singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan settingannya, selama baterai yang mendayainya masih bagus.

9. FRONT SIDE BUS
Front Side Bus atau disingkat dengan FSB merupakan kecepatan bus atau jalur yang menghubungkan antara prosesor dengan motherboard, lebih tepatnya antara prosesor dengan chip north bridge pada motherboard. Sebagai contoh, processor Pentium 4 memiliki FSB sebesar 400 MHz (4 x 100 MHz) sedangkan AMD Athlon Thunderbird memiliki FSB 266 MHz (2 x 133 MHz).

10. PORT USB
Berfungsi untuk memasangkan perangkat-perangkat lainnya seperti FlashDisk, Printer, KameraDigital, HDDExternal, dll.Digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.

11. PORT SERIAL
Port Serial, Berfungsi untuk memasangkan konektor bentuk lama.Digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.

12. PORT PARALEL
Port Paralel merupakan salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar. Berfungsi untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.

13. INETRFACE IDE DAN FDD
Interface IDE & FDD merupakan interface yang menyambungkan harddisk dan floppy disk ke motherboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar